Tentang Niacinamide

Pasti kalian pernah mendengar kata niacinamide saat seseorang mempromosikan produk perawatan kecantikan. Niacinamide ini memang sudah banyak ditambahkan ke berbagai jenis produk skincare. Penambahannya bukan tanpa sebab lho karena ternyata ia memiliki berbagai kegunaan.

Sebelum menuju pembahasan apa saja kegunaan. Perlu kalian ketahui terlebih dahulu sebenarnya apa sih niacinamide itu?

Apa itu niacinamide?

Niacinamide  merupakan salah satu dari dua bentuk vitamin B3 atau niasin dimana bentuk vitamin B3 lainnya yaitu asam nikotinat. Keduanya baik niacinamide maupun asam nikotinat memberikan aktivitas vitamin B3 namun memiliki perbedaan dalam struktur kimia yang menimbulkan perbedaan pengaruh bagi kesehatan.

Vitamin B3 termasuk dalam satu dari delapan vitamin B yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Perannya begitu penting dalam mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi yang nantinya dapat digunakan untuk membantu sel-sel tubuh melakukan berbagai reaksi kimia.

Sifatnya larut dalam air sehingga tubuh tidak menyimpan jenis vitamin ini. Oleh karena itu, diperlukan makanan atau produk lainnya yang mengandung niacinamide atau nikotinat untuk dikonsumsi setiap harinya.

Bagaimana cara memperoleh niacinamide?

Vitamin B3 yaitu niacinamide dapat ditemukan dalam produk hewani seperti daging maupun unggas sedangkan asam nikotinat ditemukan dalam produk nabati seperti sayuran hijau, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Tidak hanya bersumber dari makanan saja, niacinamide juga tersedia dalam bentuk suplemen baik semua bahanya hanya niacinamide atau dicampur dengan jenis vitamin dan mineral lainnya. Salah satu suplemen yang di dalamnya terkandung bahan ini adalah suplemen B kompleks. Dalam produk perawatan kulit, bahan niacinamide ditambahkan dalam produk lotion pelembab atau produk untuk mengatasi jerawat.

Kegunaan Niacinamide

Niacinamide menjadi bahan populer yang dipakai di industri kosmetik dan perawatan kulit. Alasannya karena ini berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Baik dioleskan atau diminum sebagai suplemen, niacinamide telah terbukti memiliki efek anti-inflamasi pada kulit. Beberapa kegunaan niacinamide yang lain diantaranya

1. Mencegah  melanoma

Paparan ultraviolet yang disebabkan karena sinar matahari berpotensi merusak DNA sel dari waktu ke waktu yang nantinya akan menyebabkan melanoma. Tahukah kalian apa itu melanoma? Jadi melanoma ini merupakan jenis kanker kulit yang berkembang di sel yang memproduksi melanin yaitu pigmen pemberi warna kulit.  Berdasarkan penelitian, baik suplemen maupun produk  perawatan kulit, niacinamide terbukti mampu meningkatkan perbaikan DNA pada kulit yang rusak akibat sinar UV.

2. Mengencangkan kulit

Niacinamide membantu membangun keratin yang merupakan sejenis protein yang membuat kulit kencang dan sehat.

3. Mengecilkan pori-pori

Pori-pori yang besar tentu mengganggu penampilan, namun hal ini bisa diatasi dengan memakai produk yang mengandung niacinamide. Ini mampu membuat kulit tetap halus dan mengurangi ukuran pori dari waktu ke waktu.

4. Mengatur  minyak berlebih

Niacinamide tidak hanya berguna untuk kulit kering saja, tetapi juga untuk jenis kulit berminyak. Ini dapat membantu mengatur jumlah minyak yang dihasilkan kelenjar sebaceous dan juga mencegah kelenjar minyak menjadi overdrive. 

5. Mengatasi hiperpigmentasi

Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk perawatan kulit dengan konsentrasi niacinamide 5 persen mampu membantu meringankan bintik-bintik gelap di kulit. Waktunya juga cenderung singkat sekitar empat minggu dan paling lama dua bulan. Selain itu, manfaat lainnya dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

6. Sebagai bahan anti aging

Hasil penelitian lainnya menemukan bahwa konsentrasi 5 persen niacinamide mampu membantu mengurangi tanda kerusakan akibat sinar matahari yang menyebabkan penuaan dini. Itu termasuk mengatasi garis-garis halus dan kerutan.

Itulah penjelasan mengenai niacinamide dan juga kegunaan atau manfaat yang terkandung di dalamnya.